Riot Games Umumkan 6 Tim Partnership Liga VALORANT China!

Dalam rangka membangun ekosistem esports VALORANT di China, Riot Games telah menyiapkan sirkuit kompetisi baru yakni VCT China League yang akan dimulai pada tahun 2024. Saat ini, Riot telah mengumumkan 6 tim pertama yang masuk ke dalam program partnership. JD Gaming, Bilibili Gaming, FunPlus Phoenix, Wolves Esports, EDward Gaming, dan TYLOO adalah 6 dari 10 tim yang telah dikonfirmasi akan berkompetisi di VCT China 2024. Kompetisi musiman tersebut akan memiliki sistem dan format yang sama seperti liga VCT lainnya (Pacific, EMEA, Americas). VCT China akan terdiri atas 10 tim partnership + 1 tim yang lolos dari Ascension.

Keenam tim yang telah diumumkan merupakan organisasi esports ternama yang juga telah aktif di beberapa divisi esports misalnya di liga LPL China (League of Legends). Di League of Legends, game yang juga diproduksi oleh Revolt Games, China merupakan salah satu wilayah terkuat yang telah menciptakan banyak juara dunia misalnya FPX pada tahun 2019 & EDG pada tahun 2021. Dengan dibuatnya liga terbaru ini, diharapkan bahwa ekosistem VALORANT nantinya bisa sekuat League of Legends. Beberapa tim lain yang menyampaikan ketertarikan pada VCT China yaitu Rare Atom, Top Esports, dan LGD G

Meski baru diumumkan beberapa minggu setelah Champions 2023, pembuatan VCT China tergolong cukup cepat karena mereka telah menargetkan tanggal debut yaitu di awal tahun 2024. 3 tim lainnya akan segera dikonfirmasi oleh Riot dalam beberapa minggu ke depan untuk melengkapi daftar tim yang akan berkompetisi di VCT China League 2024. Selain itu, China juga telah ditunjuk sebagai tuan rumah Masters di tahun depan lewat Masters Shanghai 2024. Beritanya Masters Shanghai akan berlangsung pada bulan Mei 2024 setelah Masters Madrid. Turnamen ini akan diikuti oleh 3 tim teratas dari setiap liga VCT dari seluruh dunia.